Aplikasi Fintech P2P Lending yang Perlu Kamu Ketahui

duipee
Seiring pertumbuhan waktu, semua hal dituntut untuk menjadi serba cepat, tidak terkecuali produk pinjaman perbankan. Sebelumnya produk perbankan Kredit Tanpa Agunan bank yang menawarkan pinjaman uang tunai dengan pencairan yang relatif cepat plus tanpa jaminan.

Akan tetapi, setelah berkembangnya teknologi pada bidang keuangan dengan munculnya start-up keuangan Financial Technology peer to peer (p2p) lending, kecepatan layanan yang ditawarkan oleh produk KTA sekarang diragukan.

Semakin pesatnya kehadiran Fintech P2P Lending atau fintech pinjaman online menjadikan banyak penyedia layanan Fintech  bersaing menawarkan berbagai kemudahan agar calon nasabah mau mengajukan pinjaman online lewat aplikasi mereka.

Berikut apa saja kelebihan dan kekurangan pinjam uang online lewat aplikasi fintech yang wajib Anda ketahui :

Nilai Lebihnya:

    Proses Pencairan Dana Sangat Cepat

Jenis pinjaman tunai online via aplikasi smartphone memberikan kelebihan berupa cepatnya proses pencairan dana yang diajukan, hal ini tidak diragukan lagi. Sistem ini sangat cocok bagi para peminjam yang membutuhkan dana cepat atau butuh dana urgent. Karena, waktu pencairan dana pinjaman ini berkisar antara 1 sampai 2 hari setelah permohonan pinjaman disetujui.

    Syarat Pengajuan yang Mudah

Pengajuan pinjaman uang lewat aplikasi pinjaman online, Anda hanya diwajibkan memberikan data diri dan menghubungkan akun media sosial kamu sebagai syarat pengajuan. Jika dibandingkan mengajukan pinjaman dana tunai pada bank konvensional yang semuanya mewajibkan debiturnya memberikan dokumen kelengkapan, hingga syarat kepemilikan kartu kredit. Syarat pinjaman online terbilang cukup “mudah” dibandingkan pinjaman konvensional.

Nilai Kurangnya:

    Nilai Nominal Pinjaman yang Kecil

Bagi Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah besar ada baiknya mengajukan pinjaman KTA dari bank atau pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil. Pinjaman dana tunai online lewat aplikasi Fintech P2P Lending hanya cocok bagi Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah kecil. Rata-rata dana pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta. Berbeda dengan Pinjaman Uang Cepat tanpa BI Checking jaminan BPKB mobil, Anda dapat pinjam dana dalam jumlah besar, sesuai taksasi nilai agunan.

    Jangka Waktu Pinjaman Sangat Pendek

Pinjaman uang online cenderung memiliki jangka waktu (tenor) pinjaman yang relatif lebih pendek, umumnya hanya memberikan tenggang waktu antara 1 hingga 6 bulan saja.
Hal ini dikarenakan memperhitungkan manajemen risiko yang diberlakukan Fintech P2P Lending sehingga sistem perputaran uang lebih cepat. Jika  Anda ingin mengajukan pinjaman uang cepat dengan tenor yang lebih lama, sebaiknya memilih pinjaman KTA atau Anda bisa mengajukan Kredit Multiguna.

    Bunga Pinjaman Tinggi

Bunga pinjaman yang dibebankan pada peminjam dana dari fintech pinjaman online lumayan besar dikisaran 0,7% hingga 1% dari dana pokok pinjaman per hari, bila dihitung secara keseluruhan bunganya bisa jadi mencapai 30% setiap bulannya.

Lain halnya suku bunga pinjaman KTA bank atau pinjaman uang cepat jaminan BPKB mobil via ACC, terdapat dua pilihan, tingkat suku bunga tetap (fixed rate) dan suku bunga mengambang (Floating Rate) yang disesuaikan dengan suku bunga pasar saat itu. Sebagai misal, sebuah bank yang menawarkan program pinjaman dengan suku bunga fixed rate 7,5% untuk tenor pinjaman dua tahun, artinya debitur dapat mencicil bunga 7,5% selama dua tahun. Selanjutnya, bila terkena tingkat bunga floating rate, maka suku bunga pinjaman akan disesuaikan dengan tingkat bunga Bank Indonesia.

    Risiko Penipuan Lebih Besar

Pastikan memilih kreditur dengan kredibilitas yang baik dan fintech yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, saat memilih pemberi layanan pinjaman uang online.
Anda dapat cek langsung di situs OJK untuk tahu aplikasi fintech atau pemberi layanan pinjaman tersebut terdaftar atau tidak. Di luar daftar OJK dipastikan bahwa aplikasi Fintech P2P Lending tersebut tidak terjamin keamanannya dan risiko pembocoran data atau penipuan sangat tinggi.

Demikian hal yang perlu Anda ketahui tentang Fintech P2P Lending  (fintech pinjaman online). Apabila Anda ingin mencoba sistem pinjaman uang online via aplikasi, Anda dapat mencoba kredivo yang sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK. Anda dapat mengunduhnya aplikasi via hp android di sini
Kredivo Kartu Kredit Digital Untukmu

عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info