Kamu Harus Solo Traveling, Ini Alasannya

Traveling memang merupakan hal sangat yang menyenangkan, apalagi kalau traveling bersama orang-orang tersayang, baik dengan orang tua, saudara ataupun pacar. Tetapi bagaimana jika melakukan perjalanan wisata seorang diri atau solo traveling? Mungkin terdengar menyeramkan, merepotkan atau tidak menyenangkan. Buat Anda yang tidak terbiasa bepergian tentunya sangat menyeramkan bila bepergian seorang diri apalagi yang terbiasa dengan banyak pembantu dirumah, tentunya berpergian seorang diri sangat merepotkan, tidak ada yang membantu memenuhi keperluan Anda semala perjalanan.
Traveling seorang diri terasa tidak asyik karena tidak ada orang lain berbagi keseruan bersama, tak ada teman sharing destinasi atau kuliner, bagaimana kalau tersesat, ada orang jahat, dan sebagainya.

Tahukah Anda ternyata solo traveling menyimpan banyak manfaat terutama soal pelajaran hidup yang bisa dijadikan bahan untuk mengembangkan diri. Tentu saja, solo traveling ini harus dipersiapkan matang, agar Anda tetap bisa bersenang-senang dengan aman. Buat Andayang belum pernah solo traveling, simak dulu alasan kenapa Anda wajib untuk melakukan kegiatan ini segera!

Solo Traveling meningkatkan kepercayaan diri

Melakukan perjalanan seorang diri tentunya segala perencanaan dan segala sesuatunya dilakukan seorang diri, mulai dari memesan tiket pesawat, memilih hotel sampai menyewa mobil, semua serba sendiri. Anda akan belajar tak bergantung dengan orang lain, melawan kemalasan, rasa takut, dan sebagainya. Misalnya harus mencari makan sendiri, mencari lokasi wisata sendiri, bertanya kepada warga lokal tentang segala hal, hingga memutuskan apa pun dengan keyakinan sendiri. Bukan hanya membuat hidup lebih mandiri, solo traveling juga menambah kepercayaan diri. Karena diawal proses hingga akhir perjalanan, pasti Anda menemukan sejumlah hambatan, ketika berhasil melewatinya, artinya Anda telah berhasil menaklukan tantangan dan bisa mengandalkan diri sendiri.

Dapat lebih memahami diri sendiri


Mereka yang suka solo traveling, biasanya lebih mampu memahami dirinya sendiri. Saat traveling sendirian, mungkin Anda akan menghadapi sejumlah hal yang tidak diprediksi sebelumnya. Misalnya lupa menaruh kunci kamar penginapan, tidak bisa membaca peta perjalanan, atau kesulitan berkomunikasi dengan penduduk lokal. Dari segala masalah tersebut, Anda bisa memahami kelebihan dan kelemahan diri sendiri dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Solo Traveling menumbuhkan perasaan cinta terhadap diri sendiri

Traveling sendirian juga mengajarkan untuk mencintai diri sendiri. Sering kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik itu secara fisik, prestasi, atau hal lainnya. Traveling seorang diri adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi pemikiran tersebut. Sebab, Anda akan menemui banyak orang dari latar belakang yang berbeda, dengan karakter yang berbeda-beda pula. Anda akan menyadari bahwa setiap orang memiliki keunikannya masing-masing, begitu juga Anda mempunyai keunikan sendiri yang tidak dipunyai oleh orang lain.

Meningkatkan disiplin diri dan mengontrol keuangan

Saat solo traveling soal mengatur waktu dan keuangan selama perjalanan harus Anda urus sendiri. Kalau traveling bareng teman, Anda bangun menunggu teman bangun. Kalau sendirian, Anda harus bangun sendiri dengan tepat waktu. Bahkan ketika terlambat bangun, tidak ada seorangpun yang membangunkan. Anda harus berdisiplin dalam membelanjakan uang karena tidak ada yang mengingatkan saat Anda mulai kalap belanja. Anda harus disiplin didi dan keuangan agar perjalanan berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat di awal.

Supaya solo traveling lebih aman dan nyaman sebaiknya mengasuransikan diri di Asuransi Mega Travel Care.
Asuransi Mega Travel Care adalah produk unggulan Mega Insurance yang memberikan manfaat perlindungan menyeluruh untuk Anda dan keluarga selama melakukan perjalanan wisata atau bisnis baik dalam maupun luar negeri sehingga memberikan rasa tentram dan aman selama perjalanan.

Bagi Anda yang tertarik baca lebih detail manfaat Asuransi Mega Travel Care

Advertisement