Solusi Cerdas Mengatasi Kredit Mobil Macet

duipee
Membeli mobil secara kredit memang lebih ringan pembiayaannya, tetapi terkadang kondisi keuangan tidak stabil sampai proses kredit selesai. Bisa jadi sebelum Anda menyelesaikan pelunasan kredit mobil, Anda mendapat musibah yang membuat keadaan finansial Anda menjadi sulit, seperti misalnya talak 3 dari pekerjaan ( PHK ) Anda. Dalam keadaan demikian, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja mungkin Anda merasa sangat terbebani, apalagi harus membayar angsuran kredit mobil. Selanjutnya apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa solusi yang mungkin bisa membantu Anda terbebas dari masalah pelunasan angsuran kredit mobil.

  1. Melakukan Restrukturisasi ( Penyusunan Ulang Angsuran )

    Restrukturisasi merupakan sebuah penyusunan ulang. Jadi, Anda sebagai konsumen dapat menyusun kembali sistem kredit yang sebelumnya sudah disetujui. Pengubahan tersebut berkaitan dengan jangka waktu pembayaran, suku bunga, serta fasilitas. Dengan adanya restrukturisasi, Anda bisa meminta kreditor untuk menurunkan suku bunga agar pembayarannya lebih ringan. Selain biaya lebih ringan, jangka waktu kredit juga bisa diperpanjang agar bisa mengurangi jumlah angsuran setiap bulan. Jadi, Anda bisa lebih mudah menyelesaikan kredit dengan biaya cicilan yang lebih murah. Hal yang perlu diperhatikan, restrukturisasi hanya berlaku bagi orang-orang tertentu saja, yaitu mereka yang benar-benar memiliki masalah keuangan sehingga tidak mampu membayar bunga kredit dan wajib pokok.

    Selain itu, pekerjaan Anda pun harus cukup baik agar proses pembayaran angsuran setelah restrukturisasi bisa terus lancar sampai lunas dan tidak ada hambatan. Sebagai konsumen yang meminta untuk dibantu, tentunya Anda juga harus kooperatif dengan menjalankan sistem yang sudah diperbarui tersebut dengan baik. Jangan takut menjelaskan kesulitan keuangan Anda secara detil dan jujur dengan pihak Bank, jika pihak Bank mengetahui seluk beluk permasalahan yang Anda alami, maka Akan lebih mudah bagi mereka untuk mencarikan solusi yang tepat.

  2. Mengajukan Refinancing

    Jika dengan cara restrukturisasi tidak sesuai dengan keadaan finansial Anda yang benar-benar sulit atau menurut Anda kurang efektif, Anda bisa mengajukan refinancing atau memulai kredit baru. Berbeda dengan sistem sebelumnya, kali ini Anda akan benar-benar mulai dari awal lagi. Jadi angsuran Anda akan diperhitungkan kembali untuk dibuat lebih ringan dan lebih kecil. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan dana senilai 80 persen dari harga mobil Anda di pasaran saat itu. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk memulai usaha agar keuangan Anda kembali normal. Dengan demikian, Anda bisa terbebas dari besarnya peluang yang bisa memasukkan Anda ke dalam daftar blacklist Bank Indonesia sebagai salah satu konsumen yang tidak mampu melunasi kredit sampai selesai.

    Memang kelihatannya cara ini seperti menambahkan hutang Anda, namun Anda tetap mendapatkan keuntungan dengan angsuran kredit yang lebih kecil. Ada beberapa kekurangan Refinancing seperti suku bunga yang bisa jadi lebih besar dan adanya biaya administrasi yang harus dibayarkan untuk mengurus pengajuan refinancing tersebut.

  3. Melakukan Over Kredit

    Anda mungkin benar-benar sudah berada di jalan buntu karena merasa tidak mampu melunasi angsuran kredit mobil Anda bahkan dengan kedua metode di atas. Jika demikian, maka hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan over kredit. Cara ini bukanlah cara efektif untuk mendapatkan keuntungan dari menjual mobil karena keadaan mobil yang masih berada di bawah angsuran kredit membuat harga jual mobil tentunya lebih murah. Jadi, prioritas utama Anda saat ini bukanlah untuk mencari keuntungan, namun mencari seseorang yang mau membeli dan meneruskan angsurann kredit mobil tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uang hasil penjualan mobil tersebut untuk mencukupi kebutuhan dan mencari solusi agar bisa keluar dari permasalahan finansial yang Anda alami.

Demikian Solusi Cerdas Mengatasi Kredit Mobil Macet, Semoga membantu.
عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info