7 Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat

Mobil merupakan salah satu investasi keuangan yang dapat dimiliki, selain untuk keperluan pribadi dapat juga untuk keperluan niaga. Sebaiknya melakukan semua perawatan untuk memastikan kondisi mobil tetap terjaga. Kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kejadian-kejadian yang membuat mobil rusak akan mengurangi nilai jual kembali aset mobil tersebut.
Salah satu cara melindungi mobil adalah dengan membeli polis asuransi kendaraan yang dapat menjamin resiko-resiko pada mobil Anda.

Asuransi mobil saat ini banyak digunakan oleh masyarakat karena sifatnya yang sangat penting untuk menjaga mobil Anda. Sekarang ada banyak perusahaan asuransi mobil terbaik di indonesia yang menyediakan layanan asuransi untuk kendaraan, akan tetapi ada baiknya jangan sembarangan memilih layanan asuransi.

Silakan simak beberapa tips berikut yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat.

1. Pertimbangan Reabilitas Perusahaan Asuransi
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi mobil adalah memilih perusahaan memiliki reputasi yang baik dalam menyelesaikan klaim. Anda juga harus memeriksa waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi dalam memproses klaim dan kemudahan waktu pembayaran. Selain itu cek rekanan bengkel yang digunakan untuk servis mobil.

2. Pertimbangkan Rekomendasi Asuransi yang Diberikan Dealer
Umumnya Dealer mobil akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang cukup bagus dan terpercaya pada saat Anda sedang mengajukan kepemilikan mobil. Jika perusahaan asuransi yang direkomendasikan dealer menurut Anda memberikan banyak nilai positive, Anda dapat menggunakan perusahaan asuransi tersebut. Namun, rekomendasi tersebut tidak selamanya harus diikuti, hanya sebagai saran yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

3. Pertimbangkan Rekomendasi Keluarga dan Teman.
Minta saran dari keluarga atau teman yang sudah lebih dulu menggunakan asuransi untuk mobil mereka. Mereka akan memberikan masukan yang lebih bijak berdasarkan pengalaman yang telah dimiliki dalam menggunakan layanan asuransi mobil tersebut. Hal ini, agar Anda mendapatkan pilihan asuransi mobil yang benar-benar tepat untuk mobil kesayangan Anda.

4. Cek Banyaknya Keluhan Pelanggan
Perhatikan rasio pengaduan pelanggan saat memilih sebuah asuransi kendaraan. Bagaimana perbandingan jumlah keluhan yang diterima, dengan komplain yang diselesaikan oleh perusahaan asuransi. Jika rasio keluhan yang diterima lebih besar daripada keluhan yang diselesaikan berarti perusahaan asuransi tersebut tidak bisa diandalkan.

5. Sesuaikan Biaya Asuransi dengan Kemampuan Anda
Dari sekian banyak perusahaan asuransi yang telah direkomendasikan kepada Anda, pilih perusahaan asuransi yang memang terpercaya dan pilih biaya asuransi yang sesuai untuk kendaraan Anda.
Jangan memaksakan diri untuk membeli polis yang memberatkan keuangan Anda, sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membeli polis asuransi mobil.

6. Pilih Produk dan Jenis Asuransi Mobil yang Tepat
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Anda perlu memutuskan polis mana yang dibutuhkan dan apakah perusahaan tersebut menyediakan polis yang anda inginkan. Beberapa produk asuransi yang dimiliki perusahaan asuransi biasanya memiliki kemiripan dengan perusahaan asuransi lain. Meskipun begitu, bukan berarti kemiripan produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan benar-benar sama dengan perusahaan lain, pasti ada bedanya.

Umumnya, terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO). Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang akan menjamin seluruh resiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Tetapi, ada pengecualian dalam polis asuransi ini yang harus Anda pahami sebaik-baiknya agar tidak menjadi kerugian bagi Anda. Cek maksimal cover asuransi yang diberikan, masing-masing perusahaan asuransi mempunyai perbedaan kertentuan.

Sedangkan asuransi mobil TLO adalah jenis asuransi yang hanya menjamin kerusakan kendaraan di atas 75% saja. Jadi, kerusakan atau kecelakaan kecil yang tingkat kerusakannya di bawah 75% tidak dapat diklaim.
Premi asuransi mobil all risk lebih besar dibanding premi asuransi mobil TLO.

7. Lengkapi dDokumen Ppengajuan Polis Asuransi Mobil yang Dibutuhkan
Setelah semua hal di atas selesai Anda pertimbangkan dan tentukan, maka saatnya bagi Anda untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Biasanya, persyaratan yang diberikan perusahaan asuransi relatif sama, namun tidak jarang ada sedikit yang berbeda.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi biasanya adalah mengisi formulir asuransi, salinan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil, salinan BPKB mobil, salinan kartu identitas (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) bagi warga negara asing.

Setelah seluruh berkas sudah dipenuhi, petugas perusahaan asuransi tersebut akan melakukan survei pada kendaraan Anda. Hasil survei tersebut akan dimasukkan ke dalam laporan. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah pembuatan polis dan pembayaran premi.

Demikian Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat, semoga Anda dapat menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Advertisement