Tips Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas

Butuh Bantuan Pinjaman Uang Tunai ?
Jaminkan BPKB mobil / Motor - Sertifikat Rumah / Ruko
Contact : 0812 9025 886
Toyota Fortuner merupakan salah satu produk berhasil dimata konsumen Indonesia. Banyak kelebihan yang dimiliki mobil ini, seperti akomodasi yang memuat tujuh orang dewasa serta dimensinya yang besar dan tinggi sehingga bisa melibas genangan air yang cukup dalam.

Fortuner banyak disukai karena eksteriornya yang terlihat sangat gagah. Pencinta SUV pun akan tertarik untuk bisa memiliki mobil ini. Sayang hal ini bertolak belakang dengan penampilan interior yang justru terlihat standar dan memiliki kualitas material yang kurang bagus untuk sekelas mobil di atas Rp 300 juta. Hadir pertama kali bermesin diesel, maka tidak heran bila popularitas Fortuner bensin masih kalah dibanding diesel. Namun tipe bensin tetap menarik karena mesinnya yang halus dan memiliki pilihan penggerak 4x4.

Beberapa kelemahan yang ada pada mobil ini adalah sisi aerodinamis yang kurang karena bodinya yang terlalu besar. Sehingga mobil ini tidak nyaman saat diajak manuver cepat. Selain itu tenaga yang besar memang menyenangkan bila di jalanan lancar, meski konsumsi BBM-nya agak terbilang boros.

Toyota Fortuner untuk pertama kalinya dipasarkan di Indonesia saat itu masih diimpor utuh (Completely Built Up) oleh PT Toyota Astra Motor(TAM) dari Thailand. Berbasis mesin diesel, mobil ini mempunyai kode mesin 2KD-FTV 2.500 cc D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Common-rail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem common-rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Kijang Innova versi diesel. Mobil ini dibuat dari platform IMV atau penggabungan antara Toyota Hi-Lux dan Toyota Kijang Innova.

Pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah mulai dirakit dalam bentuk terurai (Completely Knock-Down) di Indonesia. Tiga tahun kemudian,karena salah satu pabrik perakitan di Thailand ditutup, maka proses perakitan Fortuner versi mesin bensin dialihkan ke Toyota Indonesia.

Ada empat varian yang ditawarkan oleh TAM untuk Big SUV ini, mulai dari yang terendah tipe G M/T, G A/T, Lux A/T dan termahal V A/T. Pada beberapa tipe pun mempunyai mesin yang berbeda, seperti G M/T menggunakan 2.500 cc D- 4D berpenggerak 4x2. Sementara untuk transmisi otomatis (G A/T) dibekali mesin 2.700 cc dengan kode 2TR-FE. Sedangkan Lux A/T memiliki spesifikasi mesin yang sama dengan G A/T hanya berbeda pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer.

Pada tahun 2008, TAM meluncurkan Fortuner versi facelift. Model ini memiliki lampu depan baru jenis proyektor, desain gril, lampu belakang, serta pelek alloy baru. Bagian Interior juga mendapat warna baru, panel kayu dan AC untuk tempat duduk baris kedua dan ketiga. Sementara untuk Fortuner 2.5 G, tersedia versi TRD Sportivo, yang merupakan aksesori tambahan dan juga bisa dipasang pada Fortuner 2.7 G.

Pada 2012, TAM meluncurkan varian baru mesin diesel 2.500 cc common-rail turbodiesel tipe 2KD-FTV ditambahkan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) untuk meningkatkan tenaga. Toyota Fortuner VNTurbo tersebut mampu menghasilkan tenaga 144 dk pada 3.400 rpm, terjadi peningkatan sebesar 42 dk dari versi sebelumnya. Salah satu ciri Fortuner VNT adalah hadirnya airscoop di kap mesin yang berfungsi untuk mendinginkan intercooler. Jaringan servis Toyota yang luas, memudahkan perawatan menjadi nilai tambah bagi konsumen.

Cek Kondisi Mobil Bekas Toyota Fortuner

Cek kondisi mesin sebelum membelinya, bila perlu bawa kebengkel kepercayaan Anda. Toyota menawarkan dua jenis mesin yakni diesel dan bensin yang memiliki kapasitas mesin diatas 2.000 cc. Toyota Fortuner baik mesin bensin maupun diesel disarankan untuk menggunakan bahan bakar atau solar berkualitas. Rekomendasi kualitas solar yang digunakan minimal Pertamina Dex, jangan solar yang bersubsidi karena dapat menyebabkan komponen mesin rusak, salah satunya adalah filter solar. Sedangkan untuk mesin bensin, sama seperti diesel harus menggunakan bahan bakar tinggi dengan berkualitas minimal oktan 92.

Cek suspensi karena banyak konsumen Toyota Fortuner yang mengeluhkan bantingan suspensi yang keras. Untuk mendapat kenyamanan yang pas, beberapa pemilik mengganti per keongnya dengan per tipe progresif. Per tipe ini mempunyai kerapatan ulir yang berbeda antara bagian atas dan bawah dan berguna untuk melembutkan suspensi. Maka cek dahulu per yang digunakan pemilik sebelumnya, apakah masih standar atau sudah diganti dan rasakan juga saat test drive.

Cek kondisi eksterior, dengan dimensi Toyota Fortuner yang besar membuat beberapa pemilik terkadang kagok saat belok atau melalui jalan sempit. Tidak jarang bodi mobil banyak lecet bekas tersenggol. Tentu Anda tidak ingin membeli mobil bekas dengan tampilan eksterior yang berantakan atau banyak lecet.

Kualitas dasbor Toyota Fortuner tidak mewah justru terlihat biasa saja. Jika Anda menginginkan tampilan interior yang nyaman dan mewah, solusinya ialah melakukan modifikasi kecil-kecilan. Memang mobil ini bukanlah mobil mewah tapi dengan harga di atas Rp 300 juta? Anda bisa mendapatkan mobil yang lebih mewah dari ini tetapi bukan SUV berbadan besar.

SUV ini memang mampu menampung tujuh penumpang dengan adanya baris ketiga. Tapi ternyata kabin paling belakang banyak dikeluhkan kenyamanannya. Khususnya udara dingin dari AC yang tidak sampai. Ternyata desain dan posisi kisi-kisi AC di plafon tidak bisa optimal untuk menghembuskan angin sampai ke baris ketiga.

Fortuner diesel VNT bertransmisi otomatis adalah type terbaik untuk Anda miliki. Tenaga berlimpah dipadu dengan transmisi otomatis membuatnya terasa nyaman dikendarai. Apalagi dengan ground clearance tinggi, membuat Fortuner dapat diandalkan saat melibas genangan air atau melibas lubang jalan lantaran mesih menerapkan sasis tangga (ladder frame).

CARI PINJAMAN UANG TUNAI ?


0812 9025 886

PINJAMAN DANA TUNAI CEPAT JAMINAN BPKB MOBIL / MOTOR - SERTIFIKAT RUMAH / RUKO