Pengertian BPKB : Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

duipee
BPKP atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan sebuah buku yang dikeluarkan sebagai bukti kepemilikan dari suatu kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri. BPKB merupakan salah satu dari certicicate of ownership yang termasuk dalam dokumen pening yang dapat dijadikan menjadi sebagai jaminan. Buku ini diberikan bersamaan dengan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

BPKB memiliki 10 halaman dan Satuan Lalu Lintas Polri telah mengeluarkan BPKB baru. Salah satu keunggulan dari buku kepemilikan kendaraan yang baru ini adalah sulit dipalsukan. Hal ini dikarenakan untuk menghindari BPKB palsu yang dilakukan oleh pihak atau oknum-oknum tertentu.

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor
Spesifikasi teknis dan pengadaan BPKN ditetapkan oleh Polri. BPKB berbentuk buku berukuran ukuran 17×12 cm, dengan lembar kulit berwarna biru tua dan tulisan putih perak, serta dibubuhi nomor BPKB. BPKB terdiri atas 22 halaman dengan warna dasar keabu-abuan. Untuk mencegah pemalsuan, BPKB juga dilengkapi dengan tanda air (watermark), serat warna-warni tidak kasat mata (invisible fibre), dan benang pengaman hologram.

Isi BPKB meliputi: identifikasi kendaraan bermotor, keterangan kepabeanan, pendaftaran polisi, catatan mengenai perubahan pemilik kendaraan bermotor, catatan tentang pelunasan pajak/BBN, catatan pejabat Polisi Lalu Lintas, serta keterangan.

Sedangkan Komponen BPKB meliputi: Blanko BPKB, Formulir Permohonan, Kartu Induk BPKB, Kartu Induk BPKB, Buku Register, Formulir Tanda Periksa, Formulir Permohonan Mutasi, serta Brosur.

BPKB berisi semua data identifikasi kendaraan bermotor seperti nomor polisi, merk dan tipe, tahun pembuatan, nomor mesin, nomor rangka, dan juga asal-usul kendaraan seperti negara pembuat, cara impor, nama perusaahaan penjual atau dealer, dan nama pembeli atau pemilik. BPKB juga memuat data mutasi yakni apabila kendaraan berganti pemilik, nomor polisi, atau apabila kendaraan tersebut mengalami modifikasi ataupun diubah cirinya.

عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info