Cara Melunasi Hutang yang Paling Efektif

duipee
Banyak yang merasakan beban berat hidupnya saat terlilit hutang, entah berhutang karena suatu keadaan akan kebutuhan keuangan yang mendesak ataupun karena perilaku konsumtif yang tanpa disadari menjadikan besar pasak dari pada tiang.

Melunasi hutang tentunya bukan suatu hal yang mustahil. Akan tetapi, tidak ada cara melunasi hutang dengan instan dan mudah. Cara paling efektif melunasi hutang adalah kemauan dan usaha keras untuk mengubah kebiasaan keuangan Anda dan disertai dengan doa agar Anda senantiasa diberi kekuatan untuk terus bekerja dan berusaha.

Komunikasikan masalah hutang dengan pasangan Anda

Suatu masalah akan lebih baik ditanggung bersama dari pada dibebankan seorang diri.
Anda dapat mengajak pasangan untuk membahas cara melunasi hutang, kemungkinan akan mendapatkan solusi melunasi hutang yang mungkin saja tidak terpikirkan bila Anda memikirkannya sendirian. Bersama pasangan dapat membahas kelebihan dan kekurangan dari setiap solusi dari masalah hutang ini.

Membuat rencana untuk melunasi hutang

Buat daftar hutang yang harus diselesaikan dan mengurutkannya mulai dari bunga tertinggi hingga terendah. Daftar ini akan membantu Anda mebuat skala prioritas, mana hutang yang harus dilunasi segera dan mana yang masih bisa menunggu. Selanjutnya, segera bayarkan hutang yang memiliki bunga terbesar. Menyegerakan pembayaran hutang dengan bunga yang besar akan mencegah bunga yang semakin membengkak.

Lunasi hutang dengan aset dan tabungan

Setelah membuat daftar hutang, selanjutnya buat daftar aset dan tabungan. Aset Anda dapat kelompokkan dalam Asset Primer (misal:rumah ), aset sekunder (misal:mobil) dan aset tersier (misal: emas, perhiasan).
Gunakan aset tersier untuk melunasi hutang terlebih dahulu karena aset ini bukan barang vital yang Anda butuhkan untuk hidup sehari-hari.
Selain itu, gunakan tabungan untuk melunasi hutang yang Anda miliki. Namun, jangan lupa untuk menyisakan sedikit tabungan untuk dana darurat.

Rubah ke pola hidup ekstra hemat


Bagaimana jika tidak mempunyai tabungan atau aset? Tidak masalah. Cara melunasi hutang paling efektif yang dapat Anda terapkan adalah dengan hidup berhemat agar bisa menabung untuk membayar hutang.
Terapkan trik-trik pola hidup berhemat. Sebagai contoh, jika biasa makan siang di luar saat istirahat bekerja, mulai saat ini usahakan untuk menghindari pola hidup seperti itu. Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan masak menu sederhana dan membawa bekal setiap hari.
Jika ternyata membawa kendaraan pribadi lebih boros dari naik transportasi umum, tinggalkan kendaraan pribadi, beralih ke transportasi masal. Masih banyak lagi trik hidup hemat yang dapat Anda lakukan hal ini dapat disesuaikan dengan pola hidup yang telah Anda jalani selama ini.

Berhenti gunakan kartu kredit

Hindari penggunaan kartu kredit karena hal tersebut akan menambah beban hutang Anda. Bunga kartu kredit terbilang sangat besar apalagi jika kamu terlambat membayar akan menyebabkan beban hutang yang semakin besar. Pastikan Anda segera melunasi hutang kartu kredit yang ada dan tidak menggunakannya lagi. Meskipun perlu disegerakan akan tetapi hindari mengajukan hutang baru untuk menutup hutang kartu kredit, atau hutang lainnya.

Mencari penghasilan tambahan

Sumber keuangan selain dari penghasilan pekerjaan utama Anda dapat juga mendapatkannya dengan membuat usaha sampingan. Penghasilan tambahan dari usaha sampingan bisa membantu kamu melunasi hutang lebih cepat. Pilihlah pekerjaan yang halal dan legal, sebagai contoh makelar jual beli mobil, jasa foto copy ataupun usaha sampingan lain yang tidak menggangu pekerjaan utama Anda.

Konsisten dalam menjalani cara melunasi hutang seperti disebutkan diatas tentu tidak mudah.
Anda harus berkomitmen serta tekad yang kuat sebelum memulainya. Di satu sisi, beban hutang akan membuat frustrasi dan stress akan tetapi di sisi lain gunakan sebagai dorongan agar kamu bisa segera terlepas dari hutang. Semoga Anda selalu diberi kelimpahan kemudahan pekerjaan dan keberkahan rejeki sehingga hutang-hutang Anda cepat terlunasi.

عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info