Ide Peluang Usaha Jualan Pakan Burung Bisnis Modal Kecil

Butuh Bantuan Pinjaman Uang Tunai ?
Jaminkan BPKB mobil / Motor - Sertifikat Rumah
Contact : 0812 9025 886
Mencermati perkembangan meningkatnya jumlah penggemar burung dari tahun ke tahun, maka peluang usaha bisnis jualan pakan burung akan semakin bagus untuk di jalankan.
Usaha modal kecil makanan burung, baik pakan burung kicauan yang dijadikan hewan peliharaan sebatas hobi maupun pakan burung yang ditujukan untuk mendapat keuntungan, merupakan usaha yang kian tahun makin cerah prospeknya. Dengan perkembangan hobi burung yang semakin meluas, pakan burung secara otomatis semakin di butuhkan. Satu hal lagi, segmentasi pasar pakan burung dibutuhkan peternak burung ataupun penghobi burung baik di perkotaan hingga di pedesaan.

Hingga saat ini, bisnis makanan burung masih menjadi bisnis yang menguntungkan dengan resiko kecil, hal ini tentu jika di kelola dengan benar.

Dari sisi harga makanan burung cenderung stabil bahkan meningkat seiring kualitas produk pakan burung. Biasanya penggemar burung tidak akan terlalu memikirkan harga pakan burung yang tinggi, mereka lebih memilih produk makanan burung yang berkualitas sehingga burung peliharaannya dapat tumbuh dengan kualitas terbaik.

Berikut ini ada beberapa cara dalam mendirikan usaha modal kecil pakan burung :

Peluang bisnis jual pakan burung alami


Beberapa makanan burung  yang alami baik dari sumber hewan maupun dari  sumber tumbuh tumbuhan antara lain :

  • Ulat
Ulat mengandung protein yang tinggi, terutama untuk jenis ulat bambu, ulat sagu. di pasaran ada beberapa macam ulat yang bisa diberikan makanan burung antara lain ulat pisang, yaitu ulat yang terdapat di kotoran ayam, ulat bambu dan ulat hongkong.
  • Serangga
Serangga merupakan makanan utama untuk burung kicau, di alam liar bebas jenis burung kicauan atau anggota family turdidae, merupakan pemakan serangga misalnya lalat, belalang dan jangkrik, kroto juga banyak.
  • Cacing Segar
Cacing merupakan salah satu makanan burung, di alam liar. ada beberapa cacing yang bisa digunakan sebagai makanan yaitu cacing tanah dan cacing yang di daerah pematang sawah.
  • Buah
Buah buahan selain pisang yang kerap di jadikan pakanan burung adalah peapaya, timun, apel dan jambu air. karena buah buahan ini relatif lebih aman daripada kebanyakan diberi maknan voer. selain itu buah ini berkhasiat melancarka organ pencernaan burung.
  • Biji Bijian
Bijian adalah sumber makanan alami yang banyak disukai burung tertentu. pakan biji bijian antara lain bunga matahari, jawawut.
  • Pisang Kepok
Pisang kepok menjadi alternatif makan burung kicau selain serangga, pisang mengandung nutrisi tinggi dan  bisa diberikan secara berkala ketika harga kroto atau vour sedang mahal.
  • Sayuran
Sayuran merupakan makan alternatif setelah serangga selingan bagi burung, sayuran yang banyak dipilih penggemar burung antara lain adalah selada.

Anda dapat membuka peluang usaha budidaya pakan burung alami sendiri selanjutnya Anda jual langsung ke konsumen atau ke pengepul. Jika Anda kesulitan dalam memproduksi pakan burung alami, Anda bisa menjadi pengepul ( membeli dari produsen pakan burung alami selanjutnya Anda jual ).

Bisnis modal kecil jual pakan burung buatan


Pakan buatan merupakan bahan pakan yang diolah dan dibuat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung. Pakan ini biasanya berbentuk butiran pellet. Pakan yang berbentuk pellet biasa diberikan sebagai makanan burung perkutut, murai batu, cucakrawa, kacer, poksay, cucak, merpati. Pellet dibuat dari campuran berbagai bahan makanan dengan komposisi yang lengkap yang telah dihaluskan dan terpilih yang dibentuk dan dipadatkan secara mekanis.
Pakan burung buatan biasanya sudah terbungkus dalam kemasan, Anda dapat membelinya dari produsen makanan burung buatan.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai usaha jualan makanan burung :
1. Menentukan pakan burung yang paling laku di pasaran.
Untuk dapat mengetahui jenis pakan burung yang laris di pasaran, Anda bisa survey ke beberapa pemelihara burung. Akan lebih baik jika Anda termasuk pemelihara burung sehingga tentu Anda memiliki pengatahuan yang cukup tentang pakan burung dan jenis - jenis burung.

2. Pemilihan lokasi usaha pakan burung
Pemilihan lokasi usaha sangat penting karena akan memperbesar peluang mendatangkan pembeli. Semakin strategis tentu semakin besar calon pembeli sehingga tingkat penjualan pun semakin meningkat

3. Menentukan komposisi produk makanan burung
Anda harus pintar - pintar menentukan komposisi dan jumlah stock pakan burung yang Anda jual, terlebih pada pakan alami.

Para pemelihara burung biasanya mencari pakan alami yang masih segar, mereka akan enggan jika melihat pakan alami sudah banyak yang mati. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam menentukan jumlah produk pakan alami (pakan hidup) yang Anda jual agar nantinya Anda tidak merugi karena pakan hidup yang Anda jual mati sebab terlalu lama di dalam toko.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal seadanya dahulu dan di tambah variasi produk sambil berproses.
Keuntungan dari usaha modal kecil pakan burung tentu sangat bervariasi tergantung sebesar apa usaha Anda serta darimana Anda mendapatkan barang tersebut. Jika Anda mendapatkan barang atau pakan tersebut dari para pengepul, maka akan berbeda jika Anda mendapatkan pakan langsung dari petani yang nota bene jauh  lebih murah karena Anda mendapatkannya langsung dari tangan pertama.

Memulai usaha jual pakan burung tentunya membutuhkan modal. Modal usaha dapat Anda peroleh dari uang tabungan maupun dana pinjaman. Salah satu cara mudah mendapatkan pinjaman modal usaha adalah dengan pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor. Bila dana yang Anda butuhkan dalam jumlah besar untuk membuka usaha jual pakan burung dalam skala menengah maka Anda dapat memperoleh modal usaha dengan pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil.

Selain Anda mendapatkan uang tunai untuk membuka usaha, aset kendaraan Anda masih dapat digunakan untuk kebutuhan operasional usaha Anda.

CARI PINJAMAN UANG TUNAI ?


0812 9025 886

PINJAMAN DANA TUNAI CEPAT JAMINAN BPKB MOBIL / MOTOR - SERTIFIKAT RUMAH