Penyebab Kunci Remote Mobil Kadang Tidak Berfungsi

duipee
Mungkin Anda pernah mengalami kunci remote (Keyless) mobil Anda yang tidak berfungsi meskipun baterai masih baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, umumnya masalah itu terjadi saat kendaraan berada di lokasi yang memiliki medan elektromagnetik yang kuat seperti di sekitar stasiun pemancar radio atau televisi.

Secara teknis, kunci remote kendaraan tentu tidak sama frekuensinya dengan frekuensi yang dipancarkan oleh stasiun radio atau televisi akan tetapi perlu diingat bahwa gelombang radio memiliki frekuensi harmonik.
Frekuensi 'liar' ini merupakan frekuensi kelipatan yang dihasilkan oleh frekuensi utama. Remote kendaraan akan bermasalah jika frekuensi harmonik dari pemancar ini secara kebetulan 'jatuh' pada frekuensi yang sama.

Karena stasiun pemancar memiliki daya pancar gelombang yang besar untuk bisa memancarkan siarannya, maka secara otomatis kekuatan frekuensi harmonik yang dihasilkan juga cukup kuat untuk menimbulkan gangguan. Solusi satu-satunya adalah menjauhkan kendaraan Anda dari pemancar radio agar untuk mengurangi gangguan gelombang harmonik tersebut.

Hal lain adalah, remote (keyfob) dikantongi dalam posisi bertumpuk dengan peralatan elektronik lain seperti ponsel. Ponsel juga memancarkan sinyal radio dengan frekuensi tertentu yang sangat berpotensi mengganggu sinyal yang dipancarkan oleh remote.
Oleh karena itu disarankan kepada para pemilik kendaraan dengan fitur keyless entry untuk mengantongi remote di tempat terpisah dan tidak digabung bersama peralatan yang memancarkan gelombang elektronik.

Semoga artikel ini menjadikan Anda lebih memahami Penyebab Kunci Remote Mobil Kadang Tidak Berfungsi dan mengetahui solusinya.

عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info