X

Cara Mudah Merawat AC Mobil Sendiri


Butuh Bantuan Pinjaman Uang Tunai ?
Jaminkan BPKB mobil / Motor - Sertifikat Rumah / Ruko
Contact : 0812 9025 886

Cara merawat AC mobil tidaklah harus selalu dengan cara membawanya ke bengkel AC langganan. Fitur yang cukup penting untuk menambah kenyamanan berkendara ini memang seringkali diabaikan perawatannya. Padahal untuk merawat AC mobil sendiri dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan dimulai dari cara penggunaan AC tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk mempraktekkan beberapa tips sederhana ini agar bagian-bagian sparepart AC mobil dapat lebih awet dan tahan lama, serta terus memberikan kerja yang maksimal untuk mendinginkan suhu kabin.

Tips dan cara merawat AC mobil sendiri


Jaga Kebersihan Karpet dan Interior
Kebersihan interior mobil, khususnya karpet lantai mobil sangat mempegaruhi kerja dan kondisi bagian sistem pendinginan kabin mobil. Filter AC yang biasanya menyedot udara dari bagian lantai bawah dashboard menjadi bekerja tidak terlalu berat saat menyaring debu dan juga kotoran yang ada di bagian lantai mobil. Sehingga, filter AC tidak cepat kotor dan dapat bekerja dengan lebih efektif.

Buka Kaca dan Dinginkan Kabin
Saat mobil diparkir di tempat yang panas atau terkena matahari langsung, maka kabin mobil akan dipenuhi uap panas. Untuk itu saat menyalakan mobil dan akan menyalakan AC, gunakan tiupan blower yang paling cepat terlebih dahulu. Jangan lupa buka jendela mobil. Tujuannya adalah agar uap panas cepat hilang dan membuat suhu kabin kembali normal.

Istirahatkan AC Mobil
Saat melakukan perjalanan jauh, khususnya di siang hari di cuaca yang panas, kita cenderung terus-menerus menyalakan AC agar tetap merasa sejuk. Agar AC mobil tidak bekerja terlalu keras dan lebih awet, cobalah untuk mematikan AC selama beberapa saat. Tujuannya adalah agar AC beristirahat serta untuk menghindari pembekuan yang terjadi pada saluran AC.

Bersihkan Kondensor AC
Saat mencuci mobil dengan menggunakan air bertekanan, cobalah untuk membersihkan kondensor AC yang biasanya terletak di bagian depan mobil. Umumnya, kondensor AC terletak di belakang grill depan mobil. Semprotkan air bertekanan untuk membersihkan kondensor AC mobil dari debu dan kotoran yang tersangkut. Kondensor AC yang bersih akan membuat hembusan udara AC mobil menjadi cepat dingin dan tidak bekerja terlalu keras membebani sistem pendinginan kabin mobil.

Gunakan Kaca Film Mobil Berkualitas
Meski tidak berkaitan secara langsung dengan sistem pendinginan kabin atau AC mobil, namun kaca film sangat membantu meredam panas yang akan masuk ke kabin mobil. Kaca film mobil dengan kualitas baik tentu memiliki kinerja yang baik pula untuk menjaga kabin tidak terlalu panas. Dengan demikian, AC mobil juga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk. Maka dari itu, saat memilih kaca film mobil, cobalah untuk memilih kaca film yang memiliki kualitas baik dan tidak harus selalu berharga mahal.

Cara penggunaan AC mobil tersebut, serta merawatnya dengan cara sederhana tersebut akan membuat beban kerja AC mobil menjadi lebih ringan. Efeknya, tentu AC mobil menjadi lebih awet dan tahan lama. Jika AC mobil bermasalah, segera bawa ke bengkel AC mobil untuk memeriksa kondisi masing-masing bagian sistem AC mobil agar dapat segera diperbaiki dan kerusakan tidak sampai merambat ke komponen lain yang ada dalam sistem AC mobil anda.


CARI PINJAMAN UANG TUNAI ?


0812 9025 886

PINJAMAN DANA TUNAI CEPAT JAMINAN BPKB MOBIL / MOTOR - SERTIFIKAT RUMAH / RUKO