Tips Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas

duipee
Melihat persaingan yang semakin ketat, pada November 2011, PT Toyota Astra Motor memberi kejutan dengan hadirnya varian termewah dari Toyota Avanza. Berbeda dari tipe lainnya yakni Toyota Avanza E (1.3) dan G (1.3 dan 1.5), Veloz (1.5) mempunyai keistimewaan. Mulai dari desain eksterior dan interior yang berbeda hingga fitur yang lebih lengkap. PT Toyota Astra Motor pun menempatkan Veloz terpisah dari Toyota Avanza standar. Ini membuatnya terasa eksklusif. Kehadiran Veloz pun mendapat respons positif dari publik.

Sebagai salah satu tipe dari Toyota Avanza, Veloz memang terasa berbeda. Desainnya terlihat lebih elegan dan sporty. Fiturnya juga lebih lengkap. Walaupun dari sisi teknis mesin tidak berbeda dengan Toyota Avanza tipe E dan G. Mesin Avanza sudah terbukti tangguh.

Soal performa, Toyota Veloz dibekali mesin berkapasitas 1.495 cc dengan tenaga mencapai 104 dk pada 6.000 rpm. Sementara torsinya cukup besar 136 Nm pada 4.400 rpm. Ada dua transmisi yang bisa dipilih konsumen untuk menyalurkan tenaga yakni manual dan otomatis.

Desainnya terbaru dari varian Toyota Avanza lainnya menjadi salah satu daya tarik, bagian gril terlihat lebih elegan, penggunaan pelek alloy 15 inci dan desain lampu kabut yang baru. Pada bumper depan dan belakang juga terlihat perbedaan dengan toyota avanza sebelumnya. Pada Veloz hanya ada empat warna yakni silver mica metallic, dark steel mica, white dan black metallic.

Pada Avanza standar menggunakan paduan two tone yakni krem-hitam maka Interior veloz dibuat berbeda seperti warnanya yang terasa lebih mewah dengan lapisan hitam dan aksen perak di beberapa panel. Fitur yang disediakan pada Veloz tergolong lengkap. Pada fitur hiburan misalnya disediakan sistem audia 2-DIN dengan 6 speaker dan bisa diatur melalui tombol di setir (steering switch).

Untuk fitur keselamatan, Veloz dibekali ABS dan anti kabut untuk kaca belakang agar tidak menghalangi pemandangan pengemudi ketika melihat melalui spion tengah. Tidak lupa Dual SRS Airbag yang menjadi fitur wajib untuk keamanan penumpang depan dan supir.


Pada tahun 2013 PT Toyota Astra Motor meluncurkan Avanza facelift. Penyegaran ini berlaku untuk semua varian Toyota Avanza termasuk Veloz. Namun bukan perubahan desain eksterior atau interior, melainkan penambahan fitur. Mulai dari tahun ini seluruh Avanza sudah mempunyai Dual SRS Airbag, rem ABS dan Driver Seatbelt Warning.

Persaingan yang ketat dengan munculnya banyak pemain baru di segmen Compact MPV membuat Toyota Indonesia pada tahun 2014 melakukan penambahan varian ‘Luxury’ khusus pada Avanza Veloz. Emblem Luxury pada bagian belakang menjadi salah satu pembedanya. Di interior terlihat aksen kayu pada bagian dasbor. Monitor 10 inci untuk penumpang belakang terpasang pada plafon mobil dan sistem audio telah mempunyai konektivitas USB HUB.

Cek Kondisi  Toyota Avanza Veloz Bekas

Dengan estimasi usia mobil  Avanza Veloz paling tua adalah 4 tahun, biasanya muncul masalah-masalah teknis yang harus dicek ke bengkel resmi. Hal pertama adalah cek performa mesin. Apakah akselerasi dan tenaganya masih terasa mantap atau lemot. Cek juga bagian fluida seperti oli, air radiator dan wiper. Pastikan tidak ada kebocoran.

Dengan usia yang masih tergolong muda tentunya masih ada fasilitas servis gratis pada waktu pembelian. Seharusnya tidak ada alasan pemilik sebelumnya tidak melakukan servis di bengkel resmi. Cek buku servisnya apakah dilakukan servis rutin sesuai periodenya, karena bisa menjadi patokan apakah pemilik sebelumnya merawat atau tidak.

Toyota Avanza Veloz adalah mobil keluarga yang umumnya sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari bersama keluarga. Dan sering juga penggunaannya untu perjalanan jauh, misal liburan ataupun pulang kampung. Selama perjalanan tentunya keluarga pemilik sebelumnya sering melakukan aktivitas di kabin seperti makan. Cek setiap bagian interior seperti jok, kolong jok, dasbor hingga bagasi. Pastikan masih berkondisi baik tidak ada noda dan sobek.

Pada generasi awal Veloz, cukup banyak pemilik yang mengeluhkan suara di luar mobil yang masih terdengar di kabin. Ini bisa menganggu kenyamanan Anda selama perjalanan. Salah satu solusinya ialah meng-up grade kesenyapan kabin ke bengkel spesialis interior.

Para pemilik Veloz menyayangkan Toyota masih menggunakan piringan solid bukan cakram berventilasi, meskipun menjadi model flagship dari Avanza. Padahal pengereman akan lebih baik bila menggunakan cakram berventilasi. Sementara rem belakang juga masih mengadopsi teromol.

Dari empat varian yang ditawarkan Toyota yakni Veloz manual, otomatis, Luxury manual, dan Luxury otomatis. Toyota Avanza Veloz otomatis produksi 2013 direkomendasikan bagi yang mencari mobil bekasnya. Dengan fitur yang lebih lengkap yakni Dual SRS Airbag, rem ABS dan Driver Seatbelt Warning menjadi nilai tambah. Usia mobil pun masih tergolong muda karena baru diluncurkan pada 2013. Sementara perbedaan dengan Luxury otomatis tidak siginifikan sehingga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info