Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

duipee
Membeli mobil baru maupun bekas (second) memerlukan komitmen. Karena, interaksi akan terus terjadi antara Anda dengan kendaraan itu. Sedapat mungkin jangan sampai kecewa karena uang yang dikeluarkan adalah taruhannya. Berikut sembilan poin untuk mendapatkan mobil seusai kebutuhan dan keinginan Anda.

1. Mobil Baru atau Mobil Bekas
Mempunyai mobil baru memang idaman semua orang adalah suatu prestige tersendiri bila memiliki mobil baru apalagi dengan model keluaran terbaru, tapi belum tentu sesuai dengan dompet anda. Meskipun demikian terkadang ada mobil bekas yang menawarkan keuntungan (value for money). Namun harus diperhatikan beberapa aspek seperti, jarak tempuh, riwayat pemeliharaan dan belilah dari penjual yang dipercaya baik dari showroom atau perseorangan.

2. Tentukan tipe Mobil
Banyak tipe yang ditawarkan, mulai dari sedan, hatchback, MPV, SUV atau mungkin pick-up. Sesuaikan dengan kebutuhan sebelum memilih dan setarakan dengan dana yang ada.

3. Nilai Tambah - Purna Jual
Selain mempertimbangkan ketersediaan fitur, kita harus memperhatikan nilai tambah dalam hal layanan purna jual dan garansi. Makin lama dan banyak hal yang digaransi akan membuat kita tenang dengan adanya jaminan tambahan dari pihak asuransi.

4. Perbanyak Data / Referensi
Cari referensi di berbagai situs di internet. Pertimbangkan secara cermat jika mobil favorit Anda mendapat banyak kecaman. Karena, ada juga perusahaan yang menggunakan internet sebagai ajang black campaign. Rujukan yang bisa menjadi acuan biasanya datang dari pengujian media independen.

5. Warna Mobil
Tidak dapat dipungkiri warna memiliki pengaruh terhadap harga jual. Semakin populer warna tersebut biasanya makin dimanfaatkan oleh penjual untuk menaikkan harga. Namun belum tentu ketika dijual kembali warna tersebut bisa mempertahankan harga jual kembali. Dari hasil survei di showroom mobil bekas warna yang tidak ada pengaruh penurunan adalah hitam, silver dan abu-abu.

6. Konsumsi Bahan Bakar ( BBM )
Pertimbangan ini sangat krusial mengingat mahalnya harga BBM saat ini. Anda dapat memilih mobil bermesin diesel atau berbahan bakar bensin. Jangan mudah tertipu slogan dari pihak penjual. Referensi kembali memiliki peranan penting. Mesin dengan kapasitas kecil (sampai dengan 1.5-liter) biasanya jadi pertimbangan untuk mendapat efisiensi BBM. Lain halnya ketika memang Anda menginginkan mobil sport dengan tenaga besar, abaikan langkah ini.

7. Merek Mobil
Poin ini biasanya menyangkut pada kepercayaan akan suatu merek. Namun hal tersebut juga harus dipertimbangkan oleh beberapa hal seperti bengkel resmi, ketersediaan suku cadang, dan juga pelayanan merek tersebut terhadap konsumen.

8. Test Drive
Langkah ini sangat penting untuk mengetahui kondisi mobil  di jalan. Dengan begitu bisa disesuaikan dengan ekspektasi yang diharapkan atau sesuai dengan slogan penjual atau tidak. Untuk mobil bekas sebisa mungkin ajak orang yang tahu tentang mesin atau ahli dalam permobilan sehingga Anda tidak dibohongi.

9. Jatuhkan Pilihan Anda
Setelah melengkapi urutan di atas berarti sudah jelas mana yang dipilih. Langkah terakhir adalah mencari penawaran yang lebih murah. Untuk mobil baru Anda perlu survei ke beberapa showroom, biasanya kebijakannya berbeda. Sementara untuk mobil bekas Anda tetap harus melakukan penelitian intensif kembali.
عروة البارقي Tags
Pinjaman Dana Tunai .info